Monday, November 17, 2014

8 Menu Sarapan Unik dari Berbagai Negara

Bonjour!
Apa menu sarapanmu hari ini? Bubur ayam? Roti? Nasi goreng? Lontong sayur? Indonesia memang punya banyak menu makanan lezat yang bisa dijadikan sarapan. Tahu kah kamu kalau beberapa negara memiliki menu sarapan yang unik bahkan aneh? Negara apa aja sih yang punya sarapan unik? Kali aja kan kamu tertarik untuk mencoba menu sarapan yang unik-unik itu. Nih LaparPagi kasih tahu yaaa…


Chawanmushi
Ini salah satu menu sarapannya orang Jepang. Chawanmusi ini mirip sama pudding telur. Terdiri dari telur, kaldu ayam, jamur shitake, di atasnya biasanya ditaburi sama udang, irisan daging ayam, atau kamaboko. Semua bahan-bahannya  diletakkan di dalam sebuah mangkuk keramik atau cawan tanah liat terus kukus. Disajikan hangat sebagai makanan pembuka. Rasanya gurih dan teksturnya lembut. LaparPagi pernah coba dan rasanya enaaak!
 
Syirniki
Kalo yang satu ini menu sarapan yang populer di Rusia, Belarusia, Lithuania, Polandia, dan Ukraina. Syirniki terbuat dari quark atau keju yang tebuat dari susu asam yang digoreng. Jadi rasanya gurih-gurih renyah gituuu.

Huitlachoche
Sarapan unik yang satu ini asalnya dari Meksiko. Huitlachoche adalah jagung yang gagal panen karena terkena jamur Ustilago maydis. Warnanya abu-abu kehitaman kaya jagung busuk. Biasanya si Huitlachoche ini dijadiin isian taco dan tamale atau dijadikan campuran omelet. Di Meksiko harga Huitlachoche jauh lebih mahal daripada jagung biasa. Menurut mereka makanan ini justru menyehatkan.

Filmjӧlk
Menu sarapan yang berasal dari Skanadiva ini terbuat dari susu fermentasi sejenis yogurt gitu. Rasanya asam dan biasanya kalo disajikan ditambahin sama gula, selai, saus apel, kayu manis, atau potongan buah segar. Teksturnya kental. Biasanya dimakan sama sereal juga.



Haggis
Skotlandia punya nih! Haggis tuh terbuat dari jantung, hati, dan paru domba yang dibumbui sama bawang bombay dan bumbu lain lalu dibungkus pake perut domba kemudian direbus. Jijik yah keliatannya? Kata orang sana sih menu sarapan yang satu ini rasanya lezat. Kamu berani coba mungkin?

Pho
Nah kalo sarapan yang satu ini asalnya dari Vietnam. Mungkin kalian udah pernah denger atau bahkan nyoba. Pho adalah sup mi yang terbuat dari bihun yang disiram dengan kuah yang asalnya dari kaldu sapi atau ayam, terus dibumbuin sama jeruk nipis. Kadang penyajiannya dilengkapi sama kecambah juga. Sarapan ini biasanya dijual di warung kaki lima pinggir jalan di Vietnam.

Scrapple
Sarapan yang berasal dari Amerika khususnya negara bagian Delaware, Maryland, New Jersey, Pennsylvania, dan Virginia ini terbuat dari organ dalam dan sisa daging babi yang tidak terpakai terus direbus, dicincang, dan dicampur sama tepung maizena, dibentuk seperti meatloaf, lalu digoreng di dalam minyak panas. Makanan ini dibuat dengan tujuan menghindari pemborosan. Kamu bisa menemui Scrapple di supermarket dalam keadaan segar maupun beku.

Bubur dengan Telur Seribu Tahun
Menu sarapan yang satu ini merupakan salah satu kuliner khas Cina. Penampilan dan isi dari bubur ini emang  ga jauh beda dari bubur biasanya. Ada bubur, potongan lauk, dan topping lain yang mirip sama bubur ayam yang ada di Indonesia. Yang membedakan adalah adanya telur seribu tahun di bubur ini. Telur seribu tahun atau telur bitan adalah telur ayam atau telur bebek yang diasinkan dalam campuran tanah liat, abu, garam, kapur, dan sekam padi selama beberapa minggu atau bulan. Kalo udah mateng warna putih telurnya jadi cokelat gelap transparan dan warna kuning telurnya berubah jadi hitam kehijauan kaya telur busuk. Baunya tuh kaya amonia sama belerang.

Yap itu dia delapan sarapan unik dari berbagai negara. Kamu tertarik untuk mencoba? :)

*dikutip dari beberapa sumber*

No comments:

Post a Comment

UA-56268965-1